Selasa, 02 April 2019

Belajar dari Balik Bilik Nabi



Sumber pict : Bukalapak

Judul : Bilik-Bilik Cinta Muhammad

Penulis : Dr. Nizar Abazhah

Penerjemah : Asy’ari Khatib

Penerbit : penerbit zaman

Tahun Terbit : Edisi Baru, Cetakan II 2015

Jumlah Halaman : 332 halaman

Membaca buku ini seakan kita dibawa pada kehidupan Rasulullah SAW. dalam lingkungan terdekatnya, yaitu keluarga. Buku ini menceritakan bagaimana dinamika kehidupan Rasulullah SAW. dari mulai beliau tinggal di rumah Abu Thalib setelah kepergian ayah, ibu, dan kakeknya, di rumah Khadijah, kehidupan setelah hijrah ke Madinah, dan di rumah Ibu-Ibu Kaum Mukmin, para istrinya r.a. Buku ini juga menceritakan tentang bagaimana akhlak Rasulullah terhadap penghuni rumah lainnya, seperti para budak yang beliau miliki maupun tamu yang berkunjung ke rumah.

Banyak hal yang bisa kita pelajari dari buku ini, tentang bagaimana Rasulullah bersikap sopan dan santun pada keluarga pamannya, Abu Thalib, kemudian perjuangan selama masa awal kenabian yang ditemani Ummul Mukminin Khadijah r.a., hijrah ke Madinah, dan tinggal bersama para istrinya setelah meninggalnya Khadijah r.a. Di rumahnya, kita bisa melihat akhlak Rasulullah SAW. yang begitu mulia. Rasulullah SAW. bahkan memperlakukan budak seperti keluarganya, tidak pernah memaki para budaknya, atau komplain dan banyak menyuruh. Di rumahnya, kita bisa melihat bagaimana Rasulullah SAW. mendidik istrinya, berlaku adil secara lahir terhadap giliran para istrinya, dan tak segan menegur jika ada istrinya yang cemburu secara berlebihan. Rasulullah mendidik dengan kelembutan, namun di sisi lain tegas dalam menegakkan syariat Islam dan tak segan menghukum jika keluarganya berperilaku tidak sesuai dengan akhlak yang diajarkan Islam.

Dari buku ini kita juga belajar bahwa rumah merupakan pintu pertama melaksanakan amar ma’ruf nahi munkar, dan keluarga sebagai supporting system dalam perjuangan dakwah. Kehidupan di rumah Rasulullah SAW. merupakan kehidupan yang sederhana tanpa kemewahan, penuh cinta kasih, saling menghormati dan selalu mendahulukan orang lain.

Buku ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin lebih dekat dengan Nabi dan lebih banyak dalam hal meneladani akhlaknya. Di tengah nikmatnya membaca, kamu mungkin merasakan sensasi sedih akan kehidupan Rasulullah SAW. yang begitu prihatin atau merasa ‘buruk’ dengan dirimu sendiri yang kurang bersyukur akan nikmat yang telah Allah berikan. Selamat membaca dan semoga kamu bisa mendapat banyak hikmah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kontrol Diri dari Dalam, Rendah Hati pada Alam

Tulisan ini akan lebih banyak bicara refleksi diri, Tentang keberadaan diri yang kadang lupa diri, Tinggal bersama alam namun kita seakan...