Senin, 29 Juli 2019

Bicara Tabu : Perkosaan, Dorongan Seksual atau Hal Lain?



Judul : Perkosaan dan Kekuasaan

Penulis : Bagus Takwin, dkk.

Penerbit : Yayasan Jurnal Perempuan

Tanggal Terbit : November 2011

Jumlah Halaman : 153 halaman

Buku ini sebenarnya merupakan jurnal berseri yang terbit setidaknya empat kali dalam setahun. Namun, topik yang dibahas dalam edisi ke-71 ini cukup menarik untuk saya buat reviewnya, terlebih saya memang memiliki ketertarikan dalam bidang perempuan dan anak, khususnya tentang pendidikan seksual.

Berbicara tentang perkosaan ternyata bukan hanya berbicara tentang dorongan seksual, tapi juga berbicara tentang kekuasaan. Alasan utama dibalik pelaku perkosaan bisa jadi bukan ketidakmampuan menahan dorongan seksual saja, tapi yang lebih utama adalah menunjukkan bahwa ia memiliki kekuasaan, memiliki dominasi terhadap perempuan. Pelaku tidak memperkosa korbannya tiba-tiba tanpa perencaan. Ia akan memilih korban tergantung seberapa besar ia bisa menguasainya.

Buku ini cukup direkomendasikan karena di dalamnya tidak hanya bicara opini belala, namun disertai rujukan ilmiah. Ada pula tulisan opini, cerita reflektif, dan puisi yang menjadi representasi topik yang dibahas. Sangat direkomendasikan terutama buat kamu yang bergelut dalam bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Selamat membaca!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kontrol Diri dari Dalam, Rendah Hati pada Alam

Tulisan ini akan lebih banyak bicara refleksi diri, Tentang keberadaan diri yang kadang lupa diri, Tinggal bersama alam namun kita seakan...